Mantan Ajudan Jokowi Dipromosi Jadi Kadiv Propam

  • Whatsapp

Hasil gambar untuk listyo sigit prabowo

Gardaindonews: Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo mantan ajudan Presiden Jokowi 2014-2016 dipromosi menjadi Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri. Dengan promosi tersebut, Listyo mendapat kenaikan pangkat menjadi bintang dua, inspektur jenderal.

Pria kelahiran 5 Mei 1969 yang pernah menjabat Kapolres Solo ketika Jokowi menjadi walikota Surakarta 2010-2012. Listyo menjadi lulusan Akpol 91 pertama yang meraih pangkat inspektur jenderal (bintang dua). Penunjukan Listyo sebagai Kapolda Banten tahun 2016 lalu sempat ditolak oleh ulama Banten karena yang bersangkutan beragama Katolik.

Peningkatan cepat karir Listyo Sigit Prabowo ini menurut sumber Mabes Polri akan terus berlanjut. “Dia memang sedang dipersiapkan Presiden Jokowi untuk menjad Kapolri di masa datang,” ujar seorang Kombes di Mabes Polri yang enggan disebut namanya, kepada Gardaindonews, Senin 20 Agustus 2018 di kawasan Trunojoyo, Jakarta Selatan.

Mabes Polri melakukan serah terima jabatan (Sertijab) terhadap enam Kapolda dan Kadiv Propam. Hal tersebut tertuang dalam Telegram Rahasia (TR) nomer ST/2015/VIII/KEP/2018 dan ST/2014/VIII/KEP/2018 Tertanggal 13 Agustus 2018.

Dalam prosesi sertijab tersebut, para pejabat Polri itu langsung diambil sumpah jabatannya dan dilanjutkan penandatanganan surat serah terima jabatan dan fakta integritas.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya selaku pejabat Kepolisian Republik Indonesia akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar seluruh pejabat tersebut mengucapkan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, di Ruang Rapat Utama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 20 Agustus 2018.

Acara tersebut turut dihadiri Wakil Kapolri, Komjen Pol Ari Dono, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Informasi Birokrasi (Menpan-RB), Syafrudin.

Adapun Perwira tinggi yang telah dilakukan Sertijab sebagai berikut :

1. Irjen Martuani Sormin yang sebelumnya menjabat Kadiv Propam Polri, diangkat sebagai Kapolda Papua, mengantikan posisi Irjen Boy Rafli Amar yang kini diangkat sebagai Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri.

2. Brigjen (Pol) Teddy Minahasa Putra yang sebelumnya menjabat Karopaminal Divisi Propam Polri, diangkat sebagai Kapolda Banten, mengantikan Brigjen (Pol) Listyo Sigit Prabowo yang sebelumnya menjabat kapolda Banten sekarang diangkat sebagai Kepala Divisi Propam Polri.

3. Brigjen (Pol) Purwadi Arianto yang sebelumnya menjabat Wakil Kepala Polda Metro Jaya diangkat sebagai Kapolda Lampung menggantikan Irjen Suntana yang kini diangkat sebagai Wakil Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri.

4. Irjen Andap Budhi Revianto menjabat sebagai Kapolda Kepri, menggantikan Irjen Didid Widjanardi yang kini diangkat sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

5. Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo diangkat sebagai Kapolda Riau, menggantikan Irjen Pol Nandang, yang ditugaskan di BIN.

6. Kapolda Sumatera Utara diisi oleh Brigjen Pol Agus Andrianto, mengantingkan Irjen Pol Paulus Waterpau yang kini ditugaskan di Lemhanas.

7. Brigjen Listyo Sigit Prabowo menggantikan Irjen Martuani Sormin, yang dilantik menjabat sebagai Kadiv Propam Polri jadi Kapolda Papua.

 

Related posts