Ridwan Kamil Ingin Kontrol Langsung 40 Proyek Strtegis Infrastruktur dan Pariwisata

by -169 views

GardaIndoNews – Sebanyak 40 proyek strategis bidang infrastruktur dan pariwisata yang tersebar di Provinsi Jawa Barat, yang merupakan realisasi program Gubernur Ridwan Kamil, mulai dilaksanakan pada 2019.

Sejumlah proyek itu adalah revitalisasi atas infrastuktur yang telah ada. Di antaranya, revitalisasi Kalimalang, Waduk Darma, Pantai Pangandaran, Situ Bagendit, Situ Ciburuy, Alun-alun Cirebon, Alun-alun Sumedang, Alun-alun Tasikmalaya, Alun-alun Sukabumi, Gunung Padang dengan kebutuhan anggaran mencapai Rp1,5 triliun.

Dalam perjalanannya, Kementerian Dalam Negeri mengevaluasi proyek tersebut dengan memutuskan kewenangan lelang berada di Pemda maupun Pemerintah Kota selaku pemilik wilayah lokasi proyek.

“Jadi ada evaluasi dari Kemendagri terkait program strategis Gubernur, lelangnya dilakukan oleh daerah tingkat II. Tapi kami masih menunggu surat resminya karena ini baru informasi,” ungkap Ridwan di Bandung, Jumat (4/1/2019).

Seharusnya, lanjut Ridwan, programnya harus dilaksanakan langsung oleh gubernur agar maksimal dalam pelaksanaan dan pengawasannya. Ridwan memastikan cara tersebut tetap menjaga hak kepemilikan aset di masing masing pemerintah daerah di Jabar.

“Idealnya sih sama kita, walaupun asetnya ada di tingkat II, biar enak juga mengontrolnya. Nanti dikembalikan lagi ke tingkat II setelah proyek selesai, tapi ini masih berlangsung,” katanya.

Ridwan menambahkan, 40 proyek itu ditargetkan rampung akhir 2019 dengan target bermanfaat untuk seluruh aspek sosial kemasyarakatan. “Semua dimensi kehidupan juga disentuh, seperti pendidikan karakter, desa mandiri, kesehatan termasuk keagamaan,” kata mantan Wali Kota Bandung itu.

Leave a Reply