Retail Modern di Minahasa Tenggara Wajib Berdayakan Tenaga Kerja Lokal

  • Whatsapp

Sejumlah perusahaan retail modern yang akan membuka gerainya di Kabupaten Minahasa Tenggara, diwajibkan memberdayakan para tenaga kerja lokal untuk dipekerjakan.

“Mereka (perusahaan retail) sudah ada peluang untuk membuka gerainya di daerah kami. Tapi syaratnya yang wajib mereka penuhi yaitu merekrut tenaga kerja dari Minahasa Tenggara,” kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan, Kabupaten Minahasa Tenggara Gotlieb Mamahit di Ratahan, Minggu, 8 Maret 2020.

Read More

Ia menegaskan, hal tersebut wajib dipenuhi pihak perusahaan agar membuka lapangan kerja bagi para pencari kerja, khususnya pada rentang usia produktif.

Gotlieb mengungkapkan, pihak pemerintah kabupaten (Pemkab) telah memberikan ijin kepada dua perusahaan raksasa retail di Indonesia yakni Indomaret dan Alfamart.

Lebih lanjut dikatakannya, pembukaan gerai di setiap kecamatan, di 26 titik yang direncanakan, namun semua tempat yang dipilih harus melewati kajian.

“Jadi memang untuk pendirian retail ini kami juga mempertimbangkan terkait sosial ekonomi masyarakat. Makanya tempat yang dipilih untuk pembangunan retail ini harus dilaporkan kepada pihaknya,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Komisi Dua DPRD Minahasa Tenggara Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Samuel Montolalu mengingatkan kepada Pemkab agar tegas kepada pihak perusahaan dalam mengakomodir tenaga kerja lokal.

“Kami ingatkan agar perusahaan retail ini harus memperkerjakan anak-anak daerah. Jangan sampai ada tenaga kerja dari luar daerah,” katanya.

Ia mengaku akan mengawasi aktifitas perusahaan retail tersebut, sehingga tidak merugikan masyarakat secara umum./J01

Related posts