Putin Tentang Suaka Rusia Untuk Snowden

by -769 views

Masyarakat Dunia mungkin sebagian besar tidak asing dengan sosok atau pemikiran Barrack Obama dan Donald Trump sebagai presiden AmerikaSerikat. Banyak pemberitaan seputar pribadi, gagasan dan kebijakan keduatokoh itu dimuat disebarluaskan oleh banyak media massa dunia. Bahkandapat disimpulkan hampir semua berita terkait tokoh Amerika itu menjadi‘headline’ media.

Berbeda halnya dengan Vladimir Putin atau presiden Rusia yang dapat dikatakan jarang mendapat liputan luas seputar kehidupan pribadi atauperspektifnya terhadap berbagai hal yang menjadi isu utama global.

Wawancara khusus dengan Presiden Rusia Vladimir Putin yang dilakukan oleh Oliver Stone, sutradara terkenal dari Amerika yang melahirkan film-film peraih penghargaan Oscar dipastikan menjadi sumber informasi menarik, berharga sekaligus merupakan kesempatan langka yang sulit diperoleh pada masa
sebelumnya.

Wawancara Stone pada Putin berlangsung beberapa kali dalam beberapa kesempatan sepanjang tahun 2016-2017 di Moscow, Rusia.Melalui wawancara yang rekaman videonya sudah ditayangkan sejak tahun
lalu, masyarakat dunia dapat lebih mengenal Rusia, Putin dan perspektifnya mengenai berbagai isu utama dunia. Perspektif Putin tentu menjadi masukan berharga dan sangat penting untuk dapat memahami konstelasi politik global secara utuh. Informasi Putin membantu terwujudnya opini dunia yang lebih sehat dan berimbang, setelah sekian lama opini dunia dibentuk secara sepihak dari dominasi Amerika.

Berikut ini diturunkan cuplikan pertama dari transkrip wawancara Presiden Rusia Vladimir Putin dengan Oliver Stone.

Hasil gambar untuk wawancara putin with stone snowden

Stone: “Anda bilang bahwa Anda berteman baik dengan Bush, juga Obama, dan kemudian tanpa disangka-sangka Anda memberikan suaka kepada Edward Snowden”.

Putin: “Tidak persis begitu juga. Secara keseluruhan hubungan kami (Rusia – Amerika) agak renggang karena Amerika membantu kelompok teroris di Pegunungan Kaukasus. Selalu hal seperti itu yang menjadi masalah hubungan bilateral Rusia-Amerika. Jadi, bahkan tanpa Snowden pun, sudah begitu banyak masalah yang merenggangkan hubungan bilateral”

Stone: “Pada Juni 2013 Anda mendapat informasi bahwa Snowden dalam perjalanan menuju Rusia. Saya yakin Anda juga mendapat telepon dari Presiden Obama”.

Putin: “Kontak pertama kami (Rusia) dengan Snowden terjadi di China. Kami diberitahu bahwa Snowden adalah orang yang ingin melawan pelanggaran HAM (di Amerika). Snowden tidak mau memberi kami informasi intelejen yang dimilikinya, ia hanya mendesak kami berjuang bersama-sama untuk melawan kejahatan HAM. Dia butuh dihargai akan hal tersebut. Tapi, kami masih belum mau melakukannya.Saya mungkin telah mengecewakan banyak orang, bahkan dirimu, tapi saya tegaskan kami tidak ingin sesuatu apapun dari perjuangan tersebut. Kami sudah punya hubungan buruk dengan Amerika sebelumnya dan tidak ingin makin memperburuknya dengan kasus Snowden”.

Stone: “Faktanya, Rusia memberi suaka pada Snowden”.

Putin: “Kalau tidak salah saya mendapat laporan bahwa Snowden ada di pesawat bertolak dari Moskow pindah ke pesawat lain dan terbang ke Amerika Latin.

Stone: “Ke Kuba? Atau Equador?”

Putin : “Saya tidak tahu persis. Tapi ternyata negara-negara yang dia tuju tidak begitu senang dengan kedatangannya. Informasi ini bukan dari kami tapi dari sumber lain yang kemudian bocor ke pers. Akhirnya, Snowden tidak dapat melanjutkan perjalanannya. Dia terjebak di area transit bandara kami. Dia seorang pria pemberani, mungkin nekad malah. Saat itu pemerintah Amerika sudah mencabut paspor Snowden.  Dia tinggal di transit area kami untuk beberapa saat. Dan kami beri suaka sementara. Tentu Amerika meminta kami untuk menyerahkah Snowden dan cukup dimengerti kenapa kami tidak bisa melakukannya (menyerahkan Snowden kepada AS)”.

Stone: “Kenapa tidak?”

Putin: “Dulu kami mengajukan usulan perjanjian kerjasama di bidang hukum. Ini adalah inisiatif Rusia kepada AS. Dan seharusnya ada perjanjian kerjasama ekstradiksi Amerika – Rusia bagi para kriminal. Tapi Amerika menolak mentah-mentah usulan kami itu.  Menurut UU Rusia, Snowden tidak melanggar hukum apapun. Dan itulah karena tidak ada perjanjian ekstradisi dan fakta bahwa Amerika tidak pernah sekali pun menyerahkan kriminal dari Rusia yang mencari suaka Amerika kepada kami, Rusia tidak berkeinginann menyerahkan Snowden secara sepihak sebagaimana yang Amerika telah lalukan kepada kami”.

Stone: “Apakah Obama menghubungi Anda?”

Putin: “Saya tidak mau bicarakan itu karena bersifat rahasia. Snowden bukanlah pengkhianat, dia tidak mengkhianati kepentingan negara atau menyalurkan informasi kepada negara lain yang bisa merusak Amerika. Yang dilakukan Snowden adalah menyampaikan apa yang diperbuat pemerintah Amerika (mematai-matai rakyat Amerika secara tanpa hak dan melanggar hukum). Itu disampaikannya sendiri di depan umum”.

Leave a Reply