Mitratel Borong Menara Milik Telkomsel Rp 10,3 T

  • Whatsapp

Anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) yang bergerak di bidang penyedia infrastruktur telekomunikasi, PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) bakal melakukan pembelian sebanyak 6.050 menara telekomunikasi senilai Rp 10,3 triliun.

Pembelian menara ini bakal memperkuat fundamental bisnis perusahaan. Berdasarkan keterbukaan informasi yang dirilis perusahaan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pembelian ini dilakukan Mitratel dari sister company-nya PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel).

Read More

Sehingga transaksi ini merupakan transaksi afiliasi yang dikecualikan karena merupakan kegiatan usaha utama dari perusahaan terkendali.

Mitratel dan Telkomsel telah menandatangani perjanjian jual beli bersyarat (Conditional Sales and Purchase Agreement/CSPA) untuk transaksi ini.

Setelah dipenuhinya kewajiban CSPA tersebut, maka Mitratel akan memiliki bertambah 6.050 menjadi lebih dari 22.000 menara.

“Pembelian ini akan memperkuat fundamental bisnis dan menciptakan nilai tambah bagi Mitratel, sekaligus membantu Mitratel merealisasikan rencana jangka panjangnya,” tulis keterbukaan informasi tersebut, Jumat (16/10/2020).

“Ke depan Telkomsel akan fokus pada bisnis utamanya sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia dengan membangun ekosistem digital dan memberikan pengalaman digital connectivity terbaik bagi pelanggan Telkomsel.”

Sebelumnya, Mitratel dikabarkan akan melakukan penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO).

Manajemen Telkom menyebutkan rencana IPO ini merupakan bagian dari pengelolaan portofolio perusahaan untuk mengoptimalisasi bisnis dan aset yang dimiliki perusahaan.

“TelkomGroup saat ini tengah melakukan konsolidasi internal dan mengkaji secara lebih detil terhadap wacana IPO Mitratel, sebagai upaya value creation dari bisnis tower bagi TelkomGroup,” kata manajemen perusahaan dalam keterbukaan informasinya beberapa waktu lalu.

Related posts