Ma’ruf Amin Sebut Tugas Kiai Berat

by -136 views

GardaIndoNews – Calon Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta kepada orang tua tak melupakan peran pesantren dalam sebuah pendidikan. Ia berbicara terkait regenerasi dan pentingnya pendidikan di pesantren saat menghadiri Manaqib Kubro dalam Haul Tuan Syeikh Abdul Qodir Jaelani di Pondok Pesantren Roudhoh Al – Hikam, Cibinong, Bogor.

“Karena itu para ulama membikin pesantren untuk apa? Untuk menyiapkan penggantinya supaya masyarakat, negara, tidak kehilangan ulama. Dalam rangka menyiapkan orang-orang yang paham agama untuk mengajak orang ke jalan Allah,” kata Ma’ruf Sabtu  (5/1/2019) malam.

Ma’ruf mengasumsikan jika ada orang tua mempunyai tiga anak dalam keluarga, ia meminta salah satu anaknya dititipkan ke pesantren. Pesantren, kata dia, tidak mesti diidentikkan dengan ajaran agama. Tapi lebih dari itu, banyak ilmu agama memandu dan mengajarkan banyak hal dalam berbagai disiplin ilmu.

“Kalau punya anak tiga, satu dikirimkan ke pesantren. Kalau punya anak lima, satu kirim ke pesantren. Kirim anak ke pesantren agar menjadi wali yang pintar. Karena tugas kiai berat, harus mengajak, menuntun, manusia keluar dari jahiliah,” katanya.

Dalam acara itu, menurut pantauan VIVA, jemaah sekitar 3.000 orang duduk bersila sambil melantunkan selawat dan tahlil. Ma’ruf turut didampingi pimpinan Ponpes KH Zein Zarnuji, pengurus dan ribuan santri. Ma’ruf juga turut didampingi sang istri, Wury Estu Handayani, yang menemaninya selama silaturahmi seharian di Bogor.

Leave a Reply