Kunjungan ke Boston Sandiaga Bahas ‘Light Traffic’

by -703 views

GardaIndoNews – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno tengah melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat pada 24-30 Juni 2018. Ia mengaku kunjungannya itu memenuhi undangan dari sejumlah instansi seperti Massachusetts Institute of Technology (MIT) Senseable City Lab, C40 Climate Change Leadership Group, dan 100 Resilient Cities-Rockefeller Foundation. Sandiaga juga dijadwalkan bertemu dengan pemerintah kota Boston dan New York.

“Pertemuan dengan Tim Senseable City Lab MIT untuk memperoleh informasi dan gambaran konkrit mengenai perkembangan teknologi smart city yang berkorelasi dengan pencegahan dampak-dampak dari kemajuan konsep smart city,” ujar Sandiaga dalam keterangan tertulisnya, Senin (26/6/2018).

Kemudian, pertemuan dengan Prof Lynn dari Global Resilient Center (GRC), Northeastern University untuk menyampaikan masalah transportasi umum dengan pengembangan teknologi informasi lalu lintas (Intelligent Traffic System). Dengan pemerintah kota Boston, Sandiaga akan mejajaki kerja sama melalui hubungan sister city.

Sandi mengatakan melalui akun twiternya Rabu (27/6/2018) Dalam kunjungan kami di Boston, kami berkesempatan mengunjungi SENSEable City Laboratory. SENSEable City Laboratory merupakan pusat penelitian (research), yang merupakan bagian dari Massachusetts Institute of Technology (MIT).

MIT berfokus dalam mempelajari dan memprediksikan bagaimana teknologi digital merubah cara kita untuk mendeskripsikan, merencanakan dan menghuni kota. Hasil penelitian mereka kemudian akan digunakan sebagai alat deskriptif dalam penyusunan kebijakan perkotaan.

Prof Carlo Ratti mendirikan tahun 2004, tim peneliti dari SENSEable City Laboratory menceritakan bagaimana mereka menggunakan teknologi digital sbg sarana utk mempelajari perilaku masyarakat & keadaan lingkungan baik dlm bentuk sebuah sistem maupun peralatan berteknologi canggih.

Salah satu proyek menarik yang dibahas adalah “Light Traffic”, sebuah solusi permasalahan kota besar dalam bidang transportasi terutama dalam pengembangan teknologi lalu lintas untuk mengurangi antrian kemacetan panjang kendaraan akibat lampu lalu lintas.

Atas hasil pertemuan ini, kami berharap agar nantinya SENSEable City Laboratory dapat bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk dapat menganalisa pola mobilitas dan berkendara warga DKI Jakarta.

Hal ini akan sangat membantu Pemprov DKI Jakarta dalam menyusun analisa arus lalu lintas dan pengembangan sistem serta kebijakan dalam kendali lalu lintas kendaraan untuk mengatasi permasalahan kemacetan.

Leave a Reply