KNKT: Banyaknya Komputer Menyulitkan Ungkap Penyebab Kecelakaan Pesawat

  • Whatsapp

Hasil gambar untuk Soerjanto Tjahjono

Read More

GardaIndoNews – Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi Soerjanto Tjahjono mengatakan, banyaknya komputer dalam pesawat jenis Boeing 737 Max 8 yang merupakan pesawat Lion Air JT-610 juga menjadi kendala untuk cepat mengungkap penyebab kecelakaan pesawat.

“Pesawat yang baru ini di dalamnya ada banyak komputer. Di dalamnya itu ngapain saja yang tahu kan mereka (Boeing) yang bikin. Kita harus ngerti alogaritmanya,” ujarnya di kantornya, Jumat, (2/11/2018).

Menurut dia, banyak komputer pada suatu pesawat memang memudahkan pilot dalam mengoperasikan. Tapi, di sisi lain hal itu diyakini menyulitkan pengungkapan penyebab kecelakaan jika pesawat mengalami musibah.

“Inilah yang bikin kita makin banyak komputernya, orang mengoperasikan makin mudah tapi mengungkapnya makin sulit. Kalau analog kan bisa me-launching sendiri,” katanya.

Dia mengatakan, KNKT tidak bisa seenaknya menduga-duga penyebab kecelakaan pesawat. Sebagai contoh, pihaknya pernah menangani suatu kecelakaan di mana Flight Data Recorder dan Cockpit Data Recordernya tidak terbaca sehingga KNKT membeberkan yang sebenarnya, yakni mereka tidak tahu apa penyebab kecelakaan.

“Waktu itu ada kejadian FDR sama CVR enggak terbaca, akhirnya enggak ada kesimpulan karena sulit kesimpulannya investigasi itu enggak bisa nebak-nebak. Harus berdasarkan data. KNKT enggak mungkin menduga dan mengira-ngira. Kita ngomong kalau datanya ada, kalau enggak ya tidak ada,” katanya.

Related posts