Jokowi Segera Tandatangani Jaminan Produk Halal

by -130 views

GardaIndoNews =Presiden Joko Widodo mengaku belum menerima Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Jaminan Produk Halal. Namun, dia berjanji segera menandatangani aturan tersebut setelah sampai di mejanya.

“Belum sampai ke saya, Ya, nanti kalau sampai di meja saya, saya tandatangani,” kata Jokowi di Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (16/4/2019).

Di temui terpisah, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, untuk pembahasan RPP Jaminan Produk Halal pihaknya masih perlu banyak koordinasi lintas kementerian dan lembaga. Sebab, jenis produk halal sangat banyak.

“Tidak hanya makanan dan minuman. tetapi juga terkait dengan obat-obatan, bahan-bahan kosmetika,” jelas Lukman.

Ia mengatakan, seluruh kementerian masih butuh koordinasi lebih mendalam. Saat ini, diakuinya, belum ada yang betul-betul menyetujui aturan tersebut.

“Ya, semuanya (belum setuju). Ini kan kita perlu koordinasi, tidak parsial. Melihatnya harus komprehensif, menyeluruh, tidak satu-satu,” kata dia.

Lebih lanjut, Lukman juga mengaku sektor farmasi atau obat-obatan masih menjadi aspek yang muncul dalam pembahasan secara mendalam. Ia berharap, dalam waktu dekat beleid tersebut bisa difinalkan dan ditandatangani Presiden.

“Ada beberapa bagian yang masih harus dibicarakan lebih seksama. Jadi, ada beberapa hal atau isu yang memerlukan pendalaman seksama, kemudian secara integrasi. Saya tidak bisa bilang detailnya.”

Leave a Reply