Jokowi Ancam Penyebar Hoaks 7 Kontainer Surat Suara

by -189 views

GardaIndoNews –¬†Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar masyarakat menghindari berbagai hal yang berkaitan dengan hoaks sebab jika diteruskan bisa menjadi masalah hukum.

“Hindari yang berkaitan dengan hoaks, fitnah, bisa jadi masalah hukum jika dilakukan,” kata Jokowi saat berkunjung ke Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Kamis (3/1/2019).

Presiden mengungkapkan munculnya kabar surat suara yang dicoblos itu tentunya adalah fitnah tersendiri. Ia meminta masyarakat untuk berhati-hati, terlebih lagi saat ini sudah semakin mendekati waktu pemungutan suara Pemilu 2019.

“Ini kan hoaks, kan surat suara belum dicetak, muncul fitnah seperti itu,” katanya.

Polemik bermula ketika terdapat kabar terdapat tujuh kontainer surat suara yang sudah dicoblos diduga dari Cina dan mendarat di Tanjung Priok. Isu surat suara yang sudah dicoblos pertama kali muncul pada Rabu (2/1/2019) siang. Kabar tersebut beredar luas di media sosial seperti YouTube, Twitter, Facebook, Instagram, hingga WhatsApp.

Kabar dan rekaman tersebut juga diterima para komisioner KPU, baik melalui media sosial maupun WhatsApp. Namun KPU enggan merespons, sebab, komisioner KPU meyakini bahwa kabar tersebut adalah hoaks.

Leave a Reply