Jadi Cawapres Sandiaga Uno Tersandung Banyak Kasus Korupsi di KPK

  • Whatsapp

Hasil gambar untuk sandiaga uno kpk

Gardaindonews: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno santer diisukan akan mendampingi Prabowo Subianto sebagai calon wakil presiden di Pilpres 2019 bakal tersandung berbagai kasus korupsi PT DGI yang sedang disidik KPK.

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang mengusut kasus korupsi yang dilakukan PT Duta Graha Indah (DGI) yang kini berganti nama menjadi PT Nusa Konstruksi Enjiniring, Tbk. Sandiaga Uno adalah pemilik PT DGI pada saat dugaan korupsi itu terjadi.

PT DGI diketahui terlibat kerjasama dengan PT Permai milik Nazarudin mantan Bendahara Umum Partai Demokrat yang sekarang menjadi napi korupsi di Lapas Sukamiskin Bandung, Jawa Barat.

KPK juga masih mengembangkan penyidikan kasus pencucian uang Sandiaga Uno bersama Nazarudin melalui pembelian saham PT Garuda Indonesia senilai Rp 300 miliar beberapa tahun lalu, di mana uang pembelian saham Garuda itu diduga dari hasil korupsi.

Pada bulan Juli 2017 PT DGI sudah ditetapkan sebagai tersangka korporasi atas proyek pembangunan Rumah Sakit Udayana, Bali.

Dalam pengembangannya, penyidik KPK menemukan enam proyek lainnya yang diduga dikorupsi oleh perusahaan yang bermitra dengan Permai Group milik terdakwa korupsi Wisma Atlet Muhammad Nazaruddin.

“Dari hasil analisis terhadap bukti-bukti yang didapatkan selama proses penyidikan, KPK mengembangkan penanganan perkara dengan tersangka DGI/NKE pada 6 proyek lainnya,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jumat (3/8/2018) lalu.

Enam proyek yang akan diusut lebih dalam oleh penyidik KPK yakni Pembangunan Gedung RS Pendidikan di Universitas Mataram, pembangunan gedung BP2IP di Surabaya, Pembangunan gedung RSUD di Kabupaten Dharmasraya/Sungai Dareh.

Kemudian, pembangunan gedung Cardiac di RS Adam Malik Medan, pembangunan paviliun di RS Adam Malik Medan, dan pembangunan gedung RS Inspeksi Tropis di Surabaya.

“Saat ini penyidikan masih berjalan. Dalam menangani kasus korupsi dengan tersangka korporasi, KPK fokus pada upaya memaksimalkan pengembalian kerugian keuangan negara,” kata Febri.

Sandiaga Uno hari ini berencana melengkapi semua persyaratan pendaftaran peserta pilpres di KPU.

Related posts