Ignasius Jonan Pastikan Tarif Listrik 2019 Tak Naik Bukan Soal Politik

by -149 views

GardaIndoNews – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memastikan tarif listrik pada 2019 tidak akan naik. Bahkan, dia mengatakan pemerintah telah berkomitmen tidak menaikkan tarif listrik hingga akhir tahun.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan dari Kementerian ESDM, Andy Noorsaman Sommeng pun angkat bicara. Ia mengatakan, upaya pemerintah untuk tidak menaikkan tarif listrik ini bukan soal politik.

Pada Rabu, 17 April 2019 mendatang, pemilihan legislatif dan pemilihan presiden akan digelar secara serentak di Indonesia.

“Enggak ada masalah politis. Siapa pun pemerintahan pasti akan menyenangkan rakyatnya,” kata Sommeng di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat  (4/1/2019).

Dia menjelaskan, tarif listrik yang tidak naik pada 2019 sudah berdasarkan berbagai macam pertimbangan. Khususnya, terkait kebutuhan energi primer pembangkit listrik, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hingga inflasi.

“Kan sekarang kurs stabil. ICP (Indonesian Crude Price) sudah turun kan sekarang US$50-an (per barel), sudah bisa diterima PLN,” jelas Sommeng.

Sedangkan untuk komoditas batu bara, menurut dia, harganya juga sudah mulai turun. Selain itu, kondisi keuangan PT PLN menurutnya juga saat ini masih cukup baik.

“Jadi oke-oke aja enggak ada masalah. PLN juga masih makmur-makmur aja,” ujar Sommeng.

Leave a Reply