Hasto Sebut Ahok Belum Terdaftar Jadi Kader PDIP

by -195 views

GardaIndoNews – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menyebut kabar bergabungnya Basuki Tjahaja Purnama sebagai kader belum resmi terdaftar. Basuki atau biasa akrab disapa Ahok, sebelum menjadi anggota, perlu mengisi keterangan tertulis seperti yang disyaratkan partai.

Partai berlogo banteng itu pun belum mau berspekulasi terlalu jauh lantaran yang bersangkutan baru bebas dari penjara 24 Januari 2019. “Proses untuk masuk anggota PDIP harus melalui surat permohonan tertulis. Kalau suratnya belum diterima bagaimana mau disiapkan,” kata Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di kantornya Jalan Diponegoro, Jakarta, Rabu (3/1/2019).

Menurut Hasto, partainya terbuka bagi siapa pun yang ingin bergabung menjadi kader. Tidak hanya kepada tokoh-tokoh yang dikenal, tapi bagi seluruh elemen masyarakat. Keterangan tertulis hanya prasyarat seperti mencantumkan alasannya ingin bergabung dan kelengkapan lainnya.

“Jadi itu adalah konstitusi menjamin setiap warga negara dalam memberikan kebebasan. Dan kemudian untuk masuk anggota harus ada permohonan tertulis,” ujarnya.

Sebelumnya, kolega Ahok yakni Djarot Saiful Hidayat sempat mengemukakan bahwa bebasnya mantan gubernur DKI Jakarta itu akan berjalan seperti biasa. Ahok juga meminta kepada seluruh pendukungnya untuk tidak merayakan kebebasannya setelah keluar dari ‘hotel prodeo’ nanti.

“Dan beliau bilang juga jangan ada penyambutan macam-macam. Kita syukuri saja,” kata Djarot di Kota Serang, Banten, Jumat 21 Desember 2018.

Leave a Reply