Empat Mucikari Dibalik Prostitusi Online Artis

by -237 views

GardaIndoNews –¬†Berbeda dengan kasus prostitusi artis yang telah memidanakan germo Robby Abbas tahun 2015 silam. Kasus prostitusi online artis, yang sedang ditangani Kepolisian Daerah Jawa Timur, melibatkan setidaknya empat muncikari yang semuanya wanita.

Mereka terhubung laiknya mitra bisnis. Saling mendistribusikan ‘binaan’ sesuai permintaan pelanggan.

Sementara ini, baru dua tersangka muncikari ditetapkan penyidik, yakni ES yang memiliki akses ke sedikitnya 45 artis pelayan jasa seksual, dan TN penyedia model bookingan. Dua muncikari masih dalam pengejaran.

“Semuanya wanita,” kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jatim, Kombes Pol Ahmad Yusep Gunawan, kemarin.

Cara kerja keempat muncikari itu laiknya mitra seperti berlaku dalam bisnis lain. Yusep mencontohkan untuk aktris VA yang digerebek di sebuah hotel di Surabaya pada Sabtu (5/1/2019). Ada permintaan pelanggan melalui salah satu dari empat muncikari untuk berkencan dengan artis tertentu. Karena tak memiliki akses, tersangka ES dihubungi.

Rupanya, ES juga tak memiliki ‘wanita binaan’ seperti diminta pelanggan. Lalu ditawarkanlah aktris VA. Pelanggan mau, transaksi berjalan. “Dalam kasus ini, V tidak menawarkan diri,” kata mantan Kepala Kepolisian Resor Kediri itu.

Baik ES maupun TN telah melakoni bisnis haramnya sejak tahun 2017. Berdasarkan data digital forensik yang dikantongi penyidik, tercatat nilai transaksi tersangka ES sebesar Rp2,8 miliar selama tahun 2018, itu pun baru dari satu rekening. “Muncikarinya dapat bagian lima belas persen,” kata Yusep.

Polisi menduga kuat sedikitnya ada 45 artis yang terkait dengan prostitusi online yang dijalankan tersangka. Selain VA dan AS, polisi telah menemukan bukti kuat keterlibatan lima artis lainnya, yakni AC, TP, BS, ML, dan RF.

“Kami akan panggil lima oknum artis tersebut,” kata Kepala Polda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan.

Leave a Reply