Diskoperdagin Sebut Perusahaan Transportasi Harus Berbadan Hukum

  • Whatsapp

Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskoperdagin) Cianjur, Jawa Barat, segera mensosialisasikan ke pengusaha angkutan umum, terkait pentingnya membentuk perusahaan berbadan hukum dalam usaha jasa transportasi.

“Tercatat di Diskoperindag Cianjur, hanya ada tiga koperasi UMKM berbadan hukum yang bergerak di jasa angkutan umum,” kata Kabid Koperasi dan UMKM, Diskoperindag Cianjur, Indra Sunggara di Cianjur Kamis (16/1/2020).

Ia menjelaskan, ketiga koperasi tersebut Trans Bahagia yang bergerak khusus di jalur trayek Cianjur-Bogor, Kahuripan koperasi khusus angkutan dalam kota dan Koperasi Sonya Wahana Sakti.

Hingga saat ini, tutur dia, sangat minim pengusaha jasa angkutan yang berbadan hukum, sehingga mereka kesulitan untuk mengelola keuangan serta mengembangkan usaha karena tidak dapat pembinaan dari dinas atau organisasi terkait angkutan.

“Tidak sedikit yang akhirnya gulung tikar karena tidak dapat mengembangkan usahanya. Berdasarkan informasi hingga saat ini, jumlah angkutan umum yang ada di Cianjur terus menurun karena kurang baik dalam pengelolaan keuangan,” katanya.

Apabila pengusaha yang bergerak dalam bidang jasa trasportasi telah memiliki perusahaan yang berbadan hukum atau membentuk koperasi UMKM, pihak pengelola dapat memahami pengelolaan keuangan secara mandiri.

“Sesegera mungkin kami akan mengumpulkan para pengusaha tersebut, untuk melakukan sosialisasi secara langsung terkait pentingnya perusahan yang berbadan hukum di bidang angkutan umum,” katanya.

Sosialisasi yang dilakukan diharapan dapat meminimalisir penyusutan angkutan umum di Cianjur, khususnya jalur Cianjur selatan. Pihaknya akan memberikan pendampingan pada pengusaha jasa angkutan umum agar tepat dapat menjalankan usahanya./NUR

Related posts