Bocorkan Soal Debat, KPU Tengah Melindungi Capres Petahana

by -104 views

GardaIndoNews – Alasan yang digunakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) meniadakan pemaparan visi misi capres-cawapres terkesan lucu.

Keputusan itu diambil berdasarkan rapat koordinasi (Rakor) bersama Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

“Agak lucu ya. Lelucon politik yang menurut saya agak sedikit memalukan,” kritik analis politik, Pangi Syarwi Chaniago dilansir RMOL, Selasa (8/1/2019).

Justru dalam analisa dia, KPU tengah melindungi capres petahana agar tidak diserang oleh paslon lawan, Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno dalam debat nanti.

“Mungkin karena dianggap sang penantang itu akan menyerang petahana, maka pola pertanyaan ini mereka akali. Kira-kira begitulah, dengan cara membuat pertanyaan terbuka dengan adanya pertanyaan terbuka, maka pola penyerang debat-debat semestinya akan melemahkan petahana tidak terjadi,” tengarai direktur eksekutif Politik Voxpol Center Research and Consulting tersebut.

Ia prediksi debat capres-cawapres pada Kamis (17/1) berlangsung tanpa kejutan sedikit pun. Masing-masing paslon hanya mempertontonkan hafalan masalah dan cara mengatasinya karena sudah dapat kisi-kisinya.

“Tidak ada pola yang kita harapkan seperti debat di negara maju. Di negara maju itu debatnya pola menyerang biasa. Membantah, menyerang, main kata baru bahwa anda keliru mengelola masalah ini, semestinya jalan berpikir anda ini sesat, jalan berpikir saya ini untuk menyelesaikan. Itu biasa,” pungkasnya

Leave a Reply