Belum Menahan Emirsyah Satar, KPK Periksa Tersangka Suap Pesawat Garuda

by -276 views

GardaIndoNews – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemeriksaan terhadap mantan Direktur Utama PT Mugi Rekso Abadi, Soetikno Soedarjo, hari ini.

Soetikno diperiksa sebagai tersangka suap pengadaan pesawat dan mesin pesawat dari Airbus SAS dan Rolls-Royce PLC oleh PT Garuda Indonesia.

“SS (Soetikno Soedarjo) akan diperiksa sebagai tersangka pengadaan pesawat dan mesin pesawat di PT Garuda Indonesia,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Rabu, (31/7/2018).

Soetikno ditetapkan sebagai tersangka sejak Januari 2017. Beneficial owner dari Connaught International Pte. Ltd ini diduga berperan sebagai perantara suap terhadap mantan Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar.

Meski sudah ditetapkan sebagai tersangka sejak dua tahun lalu, KPK masih belum menahan Emirsyah dan Soetikno. Pimpinan KPK sempat menyatakan penyidikan kasus ini akan rampung akhir Juli atau awal Agustus 2019.

Emirsyah dalam perkara ini diduga menerima suap €1,2 juta dan US$180 ribu atau senilai total Rp20 miliar. Selain itu, dugaan penerimaan dalam bentuk barang senilai US$2 juta yang tersebar di Singapura dan Indonesia dari perusahaan manufaktur terkemuka asal Inggris, Rolls Royce dalam pembelian 50 mesin pesawat Airbus SAS pada periode 2005-2014 pada Garuda Indonesia.

Dugaan pemberian suap itu dilakukan melalui seorang perantara Soetikno Soedarjo selaku beneficial owner dari Connaught International Pte. Ltd yang berlokasi di Singapura.

Leave a Reply