Banyak Kesalahan, Gubernur Lemhanas Minta KPU Perbaiki Secara Transparan

by -866 views

GardaIndoNews – Gubernur Lemhanas Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperbaiki kekurangan dan kesalahannya dalam penyelenggaraan Pemilu 2019.

“Kepada Komisi Pemilihan Umum agar melakukan perbaikan atas kesalahan dan kekurangannya secara transparan dan akuntabel, dan kepada seluruh komponen masyarakat atas civil society melakukan pengawasan independen atas kerja KPU ini termasuk dalam menyikapi catatan kekurangannya,” ujarnya saat memberikan keterangan pers menyikapi situasi terkini setelah Pemilu 2019 dari Perpektif Ketahanan Nasional di Gedung Lemhanas, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2019).

Agus menyebut, penyelenggaraan pemilihan umum yang lalu tidak berlangsung tanpa cacat, dan kekurangan. Menurut dia, tidak ada yang melarang untuk menyatakan temuan atas kekurangan ini, namun pencarian solusi atas perbedaan harus dilakukan berdasarkan kaidah demokrasi untuk membangun kesepakatan berdasarkan musyawarah.

“Di atas kearifan tersebut adalah trust yang kita berikan kepada lembaga fungsional untuk melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai bagian dari pelaksanaan pemilihan umum,” katanya.

Leave a Reply