6 Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Seks

by -234 views

doktersehat-pasangan-seks

GardaIndoNews – Selain menjadi salah satu kebutuhan utama bagi pasangan suami istri, hubungan seksual ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sebagian besar orang mungkin sudah tahu jika hubungan seks dapat menurunkan berat badan dan menghilangkan rasa stres yang diakibatkan oleh padatnya aktivitas pekerjaan maupun aktivitas lainnya.

Tidak hanya itu saja, hubungan seks juga mampu menyembuhkan beberapa penyakit yang biasa dialami oleh banyak orang. Sehingga, jika Anda sedang terkena penyakit ini, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah ajak pasangan Anda untuk melakukan hubungan seksual sebelum pergi berobat ke dokter.

Beberapa penyakit yang dianggap bisa disembuhkan dengan melakukan hubungan seks adalah sebagai berikut.

1. Radang Sendi
Penyakit pertama yang dianggap bisa disembuhkan dengan cara melakukan hubungan seks adalah radang sendi. Radang sendi bisa dialami oleh siapa saja terutama kalangan orang dewasa. Dengan melakukan hubungan seksual, Anda akan terus menggerakkan bagian tubuh tertentu dalam beberapa cara, hal inilah yang akan membuat sendi Anda tidak akan terasa sakit lagi dan mengurangi peradangan.

2. Flu
Flu merupakan penyakit yang sering dialami oleh banyak orang terutama saat cuaca sedang dingin. Hubungan seksual juga ternyata bisa menyembuhkan penyakit ini, bahkan juga bisa sebagai pencegahan. Hal ini disebabkan karena hubungan seks dapat merangsang mekanisme tertentu dalam sistem kekebalan tubuh yang dapat membunuh kuman pemicu berkembangnya virus influenza.

3. Sakit Kepala atau Migrain
Selain flu, sebagian besar orang juga sering mengalami sakit kepala. Sakit kepala bisa terjadi saat Anda sedang stres atau mengalami penyakit tertentu. Sebuah studi mengungkapkan bahwa melakukan hubungan seks dapat mengurangi rasa sakit kepala hingga 29 persen. Jika Anda merasa sakit kepala, Anda tentu sudah tahu hal pertama yang harus Anda lakukan, yakni carilah pasangan Anda dan ajaklah untuk bercinta.

4. Masalah Jantung
Jika terjadi masalah yang berhubungan dengan jantung pasti akan terasa menakutkan. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi karena melakukan hubungan seksual sangat baik untuk kesehatan jantung. Bahkan, efek dan manfaatnya sama seperti ketika Anda sedang latihan lari atau jogging. Anda bisa melakukan hubungan seksual dua kali dalam seminggu untuk mengurangi risiko serangan jantung.

5. Cegah Kanker Prostat
Kehidupan seks yang sehat juga melindungi pria dari risiko kanker prostat. Demikianlah temuan hasil penelitian intensif dari tahun 1992-2000 yang dipublikasikan dalam Journal of the American Medical Association (2004). Dari hasil studi terungkap bahwa pria yang berejakulasi 21 kali atau lebih dalam sebulan, memiliki risiko terserang kanker prostat 33% lebih rendah daripada pria yang hanya berejakulasi 4 hingga 7 kali dalam sebulan. Hasil studi tersebut juga mengatakan bahwa ejakulasi tanpa sanggama, seperti masturbasi atau mimpi basah, juga memiliki manfaat kesehatan yang sama.

6. Menyehatkan Jantung
Pasien penyakit jantung tidak perlu takut atau ragu untuk bercinta! American Heart Association (AHA) mengungkap bahwa hanya 1% saja serangan jantung akut yang terkait dengan aktivitas seks. Apabila dirata-rata, detak jantung saat mencapai orgasme setara dengan detak jantung yang timbul saat seseorang menaiki anak tangga dua lantai. Apabila penderita penyakit jantung masih bisa melakukannya, maka bercinta tidak jadi persoalan. Sebaliknya, American Journal of Cardiology mencatat bahwa pria yang bercinta dua kali seminggu memiliki kemungkinan terkena penyakit jantung lebih kecil daripada pria yang punya jadwal bercinta hanya sekali sebulan. Lagi pula, seks adalah bentuk latihan aerobik yang bagus untuk tubuh. Dosis aerobik yang dianjurkan bagi orang dewasa adalah 150 menit atau 2,5 jam dalam seminggu. Kalau target orgasme 2,5 jam per minggu sulit dicapai, padukan saja dengan olahraga ringan, seperti sepeda statis atau jalan cepat.

Konsultan: dr. Harrina E. Rahardjo, SpU, Ph.D., Spesialis Urologi di Departemen Urologi RSCM-FKUI (Joy/Femina)

Leave a Reply