Pilih Ma’ruf Amin Pendukung dan Relawan Jokowi Kecewa Berat

by

Hasil gambar untuk jokowi dan ma'ruf amin

Gardaindonews: Para pendukung Jokowi yang mayoritas kelompok liberal dan sekuler ramai-ramai mengungkapkan kekecewaan atas pilihan Jokowi untuk pendampingnya di pilpres 2019 yaitu KH Ma’ruf Amin yang dikenal sebagai tokoh ulama dan Ketua MUI.

Musisi Iwan Fals yang selama sepanjang hari Kamis (9/8) memantau deklarasi Joko Widodo hanya memberikan komentar singkat berupa “Jokowi-Ma’ruf Amin” dalam kicauan di akun twitternya.

Sebelum keputusan Jokowi mengumumkan nama Ma’ruf, Iwan Fals memberikan sejumlah pendapatnya terkait dinamisasi politik yang terjadi menjelang deklarasi tersebut. Salah satu topik yang ia angkat adalah orang di balik kode “M” yang disebut Jokowi.

“Saya baru tau klo nama asli TGB itu “Muhammad Zainul Majdi”, nah inisialnya M juga kan..” kicau Iwan Fals di lini masa twitter.

https://twitter.com/iwanfals/status/1027516854565187584

Komika sekaligus sutradara Ernest Prakasa walau terkesan kecewa namun tetap memberi selamat kepada Ma’ruf Amin.  Ernest sebelumnya menduga bila “M” yang dimaksud oleh Jokowi adalah mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD.

“Selamat buat Pak Ma’ruf Amin yg resmi jadi Cawapres. Saya agak kecewa Pak Mahfud ga jadi, tapi ga sampe cukup kecewa untuk ga milih Jokowi sih,” kata Ernest.

Nada kekecewaan juga datang dari komika Arie Kriting. Komedian asal Wakatobi tersebut mengungkapkan kini dirinya memilih netral dan lebih melihat terlebih dahulu paparan visi dan misi para pasangan capres-cawapres. “Lihat paparan masing-masing pasangan sajalah. Sekarang jadi netral lagi. Tadinya kalau beneran Pak Mahfud sudah pasti mendukung,” katanya.

Relawan Jokowi Bubarkan Diri

Keputusan Jokowi memilih Maruf Amin terlihat sangat mengecewakan para pendukungnya yang tengah berkumpul di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat Kamis (9/8) malam.

Puluhan massa memgaku dari ormas relawan pendukung Jokowi seperti Gojo (Golkar Jokowi), Projo, Bara Baja dan Aliansi Kebangsaan Gotongg Royong Indonesia (AGKI) langsung membatalkan acara deklarasi. Sebagian besar langsung bubar pulang, sebagian duduk lemas.

“Kami bingung kok Jokowi memilih Maruf Amin,” keluh Andi sendu salah seorang peserta acara Deklarasi Capres Jokowi.

Leave a Reply